Tips Cara Memperbaiki Kerusakan Lantai

Cara memperbaiki kerusakan lantai yang sering terjadi di rumah anda, Sebuah rumah memerlukan perawatan untuk mengantisipasi kerusakan. Kerusakan yang kadang terjadi di sebuah rumah salah satunya adalah kerukasan lantai. Walaupun kerusakan yang terjadi hanya kerusakan kecil. Tapi jangan lihat sepele kerusakan ini, perbaikan sangatlah diperlukan.

Rumah tinggal sering kali mengalami kerusakan yang menimbulkan kekhawatiran dalam diri penghuni. Meskipun kerusakan yang sering terjadi adalah kerusakan ringan, tetapi bukan berarti tidak perlu diperbaiki.

Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah masalah lantai. Tidak stabilnya bagian bawah tanah keramik membuat penutup lantai sering terlepas. Tidak perlu memanggil tukang, Anda pun dapat memperbaikinya sendiri.

Bagaimana cara memperbaiki lantai ?

Untuk memperbaiki lantai, adapun alat dan bahan yang harus Anda persiapkn diantaranya palu atau martil, pasir, semen, dan sendok semen. Setelah itu, ikuti step by step berikut.

Pertama, bongkar terlebih dahulu keramik yang terangkat. Setelah itu, hancurkan lapisan semen perekat yang tersisa dengan menggunakan palu atau sendok semen kurang lebij sedalam 3mm.

Kedua, buat spesi baru dengan cara menebarkan adukan semen secara merata di lokasi yang akan dipasangi keramik.

Ketiga, bentuk alur pada adukan yang ditebar dengan menggunakan serok bergerigi. Pasang keramik diatasnya, dan ratakan dengan palu karet.

Keempat, sebelum memasang keramik selanjutnya, bersihkan dulu sisa adukan disekeliling keramik yang baru dipasang dengan menggunakan kape agar pemasangan berikutnya tidak mengisi rongga nat.

Kelima, setelah semua terpasang bersihkan keramik dengan busa atau kain lembab. Kemudian cor sela-sela antar keramik dengan menggunakan bahan pengisi nat keramik.

Terakhir, bersihkan dan rapikan nat dengan menggunakan kain atau busa.

Karena kerusakan ini dapat menimbulkan kecelakaan seperti luka yang diakibatkan pecahan keramik dan hal trsebut sangat membahayankan anggota badan. Kerusakan yang sering terjadi pada keramik lantai ini adalah sebagai berikut:

Lantai Popping

Popping adalah istilah lantai keramik yang telepas dengan sendirinya. Karena hal ini mengakibatkan lantai tidak aman dan tidak nyaman untuk dilewati.

Penyebab kenapa lantai popping:

  1. Adanya kehilangan kandungan pada perekat semen dan pasir
    biasanya pada keramik lantai itu cara pemasangannya menggunakan pencampuran antara pasir, semen dan air. Seiring waktu berlalu, air yang menjadi pengikat antara semen dan pasir ini mengalami penyusutan sehingga mengakibatkan keramik menjadi lepas
  2. Adanya perubahan suhu
    Perubahan suhu dapat membuat campuran semen dan keramik memuai. Akibatnya keramik menjadi mudah terlepas atau terangkat. Karena adanya pemuaian itu berakibatkan penambahan volume yang kemudian mendorong keramik dan terlepat dari campuran semen. Peristiwa ini biasanya menimbulkan suara yang besar dari retakan retakan keramik kemudian suara seperti ledakan.
  3. .Adanya penyusutan beton
    Bila penggunaan beton sebagai dasar pemasangan keramik, diatasnya memerlukan perekat campuran semen dan pasir, yang sebenarnya kurang fleksibel. karena saat proses pelepasan air memicu penyusutan beton dan perekat campuran semen dan pasir tidak bisa menyinkronkannya. Sehingga berakibat keramik terangkat secara tiba-tiba.

Lantai lembab

Masalah lantai yang lembab bisa terjadi pada hampir semua material lantai baik pada kayu ataupun keramik. Lantai yang lembab bisa berakibatkan tumbuhnya bakteri dan jamur. Penyebab lantai bisa lembab itu berasal dari air yang muncul dan merembes keatas karena lapisan campuran lantai tidak kedap air.

Lantai keramik berjamur

Pada dasarnya sebuah keramik yang terkena jamur itu bisa menyebabkan timbulnya beberapa penyakit. Biasanya keramik berjamur berada pada di tempat yang lembab seperti kamar mandi.

Amblesnya lantai

Masalah lantai yang amblas ke bawah ini sudah sering terjadi. Masalah ini bisa dikarenakan oleh 2 faktor. Yang pertama adalah tanah yang menjadi dasar untuk lantai itu tidak stabil dikarenakan kondisi tanah yang lembek, retak dan adanya akar tanaman. Dan yang ke 2 itu terjadi kesalahan dalam pengerjaan pemasangan keramik. Jika kerusakan keramik tidak langsung diperbaiki maka kerusakan lantainya akan semakin bertambah parah.

Lantai retak

Lantai retak bisa disebabkan dengan banyak hal, di antaranya bisa dari dorongan air yang menembus lapisan perekat kemudian mendorong keramik. Bahkan perubahan suhu yang membuat keramik memuai. Keadaan tersebut tak diikuti oleh pergerakan perekat sehingga mengakibatkan retak dan pegangan keramik terlepas, jadi diharuskan menggunakan lapisan yang kedap air.

Kualitas keramik yang rendah

Keramik yang berkualitas rendah dapat berpengaruh pada kekuatan menerima beban yang ada. Tidak jarang kerusakan ditemukan karena kuatisa keramik yang rendah. Sehingga berakibatkan keramik mudah pecah dan retak walaupun beban yang ditanggung tidak terlalu besar semestinya tidak menimbulkan retak dan pecah.

Terjadi adanya perubahan struktur

Kesalahan perhitungan struktur pada saat pelaksanaannya bisa membuat keramik lepas. Ada beberapa penyebab perubahan struktur yang mengakibatkan lepasnya keramik antara lain penurunan pada defleksi, penurunan pada pondasi dan retakan pada beton.
Jika anda mengalami kerusakan lantai yang seperti diatas dan tidak sempat memperbaiki, jangan khawatir disini ada tukangmalang.com yang bisa membantu masalah rumah anda. Dan disini juga bisa berkonsultasi dengan kami Solo Property.

Merawat struktur pondasi bangunan rumah ternyata memerlukan sedikit usaha dan ketelitian. Masing-masing struktur bangunan tentunya memiliki karakteristik berbeda-beda, begitu juga dengan bagaimana cara merawatnya.

Satu bagian struktur bangunan rumah yang kerap mengalami kerusakan adalah lantai. Bahan keramik yang biasa digunakan pada lantai selain memiliki berbagai keunggulan seperti mudah dibersihkan, kokoh, dan lebih tahan lama, ternyata juga bisa mengalami keretakan, dan juga ‘meledak’ akibat tekanan dari bawah keramik itu sendiri, atau bahasa lainnya yaitu tile popping.

Keretakan pada keramik lantai disebabkan karena permukaan keramik yang tidak rata sedang material keramik sangat keras. Sehingga pada saat terkena tekanan di bagian yang berongga, akan muncul kerusakan hingga terbelah.

Lantai yang sudah retak akan mengganggu Anda. Tidak hanya merusak estetika, tetapi juga bisa melukai. Lantai yang terbelah akan menyisakan bagian sisi keramik yang tajam, cukup tajam untuk menggores kaki Anda hingga terluka. Apa lagi jika anda memiliki anak (khususnya balita) yang memang sangat rentan akan terluka karena retakan atau pecahan keramik tersebut.

Untuk itu, Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan sebaiknya Anda harus segera memperbaikinya. Biasanya, dalam perbaikan lantai keramik, dianjurkan untuk menggunakan jasa tukang bangunan yang ahli dan profesional.

seperti yang di kutip dari rumah.com, anda dapat mengaplikasikan untuk memperbaiki keramik lantai dan dinding rumah yang bisa Anda lakukan sendiri, jika memang tidak ingin menggunakan jasa tukang, dll. berikut ini caranya :

Tiga Cara Memperbaiki Keramik Lantai

1.Cat keramik yang retak

Mengecat keramik retak adalah cara mudah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Hanya saja, cara ini bisa dilakukan pada keramik yang polos, bukan bertekstur atau berpola. Metode ini memang tidak bisa mengembalikan retaknya keramik, tetapi agar tidak terlihat oleh mata secara jauh.

Ini hanya bisa diterapkan pada bagian retakan yang halus dan tidak menonjol.

Hal yang harus Anda perhatikan pada saat ingin mengecat antara lain:

– Pilih warna cat yang sesuai dengan warna keramik. Jika Anda ragu-ragu atau bingung memilih warna yang tepat, Anda bisa bertanya langsung kepada penjual cat ubin terdekat untuk diberikan rekomendasi.

– Oleskan cat pada celah keramik menggunakan kapas. Tunggu hingga beberapa detik hingga mengering.

– Seka ubin dengan kain lembab, yang bertujuan membuat keramik mengkilap.

2. Menambahkan cairan glasir

Sama dengan cara pertama, menambahkan cairan glasir ini tidak memperbaiki keretakan pada keramik. Tetapi bertujuan untuk mengisi celah lantai dan mencegah kerusakan lebih lanjut. Sebelum menggunakan cairan glasir, sebaiknya Anda melakukan hal-hal berikut:

– Bersihkan lantai secara menyeluruh dengan cara menyapu dan mengelap lantai. Terutama pada celah keramik lantai. Mengelap lebih dari sekali juga dianjurkan agar kotoran yang tersisa tidak menempel secara permanen pada glasir.

– Pilihlah warna cairan glasir yang tidak berwarna.

– Tunggu lantai dan celah kering sebelum mengoleskannya dengan cairan glasir.

– Oleskan cairan glasir menggunakan kuas kecil dan fokuskan pada bagian keramik yang retak.

– Buka jendela rumah Anda agar terjadi sirkulasi udara yang mempercepat glasir mengering.

3. Ganti keramik dengan yang baru

Apabila keramik memiliki kodisi keretakan yang cukup parah, sebaiknya cara terbaik adalah mengganti keramik yang retak tadi dengan keramik baru.

Akan tetapi, Anda harus mencari keramik yang sama baik ukuran, warna keramik, bentuk, dan material. Dalam hal ini memang diperlukan sedikit tenaga ekstra untuk berkeliling tempat penjual untuk mencari keramik yang tepat.

Setelah Anda menemukan lantai keramik pengganti, berikut tips yang harus Anda lakukan untuk mengganti keramik yang retak tadi.

– Keluarkan keramik yang lama dan retak dengan cara memecahnya menggunakan palu hingga menjadi potongan-potongan kecil. Sebelum dipecah, ada baiknya Anda menggunakan handuk untuk melapisis keramik agar potongan-potongan kecil tadi tidak terpental.

– Kikis semua perekat bawah lantai yang sudah dipindahkan menggunakan pisau dumpul untuk membersihkan dari perekat dan serpihan dari bawah keramik. Pastikan bawah lantai keramik Anda datar dan bersih.

– Gunakan perekat lantai dan simpan keramik pada posisi yang tepat. Setelah itu buatlah celah lantai menggunakan sedikit semen atau gipsum. Karena celah begitu sempit, Anda bisa menggunakan kapas atau pisau kecil.

– Tunggu hingga kering, dan gunakan sedikit cairan glasir. agar terlihat mengkilap.

Solo Property perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa kontraktor bangunan profesional dan terpercaya. Bangun dan renovasi rumah di Solo akan lebih mudah dan cepat apabila anda mempercayakannya pada kami. Disamping itu, Arsitek kami sangat berpengalaman dalam merancang desain gambar kreatif dan team kontraktor Solo yang tentunya sesuai dengan keinginan Anda.

Baca Juga:

Leave a reply