Kontraktor Bagunan Solo

Kontraktor Bangunan Solo Property

Kontraktor bangunan adalah salah satu jasa bangun rumah yang dapat membantu proyek renovasi atau bangun rumah dan membuat rumah Anda semakin menawan. Rumah adalah tempat yang spesial bagi setiap orang. Itulah mengapa, merencanakan konsep rumah adalah sebuah keharusan. Bagi Anda yang tidak punya cukup waktu dan keterbatasan ilmu, memilih kontraktor bangunan sebagai jasa bangun rumah Anda adalah salah satu solusi yang tepat. Kontraktor bangunan biasanya sudah berpengalaman dan sudah terbiasa menyelesaikan berbagai masalah yang ada selama proyek berlangsung.

Kontraktor bangunan adalah sebuah badan hukum yang sumber penghasilannya berasal dari pekerjaan bangun rumah atau bangunan yang diberikan oleh klien. Seperti namanya, kontraktor terikat kontrak yang dibuat antara perusahaannya dengan klien setelah penawaran dan rencana pembangunan disepakati. Dengan kontrak yang sah, kontraktor resmi menjadi pelaksana proyek bangunan untuk membantu membuat rumah Anda menjadi sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Tugas dan Tanggung Jawab Kontraktor

Sebelum mempekerjakan kontraktor sebagai jasa bangun rumah Anda, Anda harus mengetahui cakupan tugas dan tanggung jawab mereka dalam membuat rumah. Namun, tugas dan tanggung jawab dapat juga bergantung pada kesepakatan antara kontraktor dan klien. Biasanya, penyelesaian tugas dan tanggung jawab akan diawasi oleh klien ataupun tim pengawas yang dipekerjakan oleh klien. Berbeda dengan tukang bangunan, berikut tugas dan tanggung jawab kontraktor bangunan secara umum.

  1. Pelaksanaan konstruksi atau bangun rumah harus sesuai dengan kontrak perjanjian yang telah disepakati antara perusahaan konstruksi dan klien.
  2. Melaporkan pengembangan proyek secara berkala (harian, mingguan, dan bulanan) kepada klien dan/atau tim pengawas. Hal-hal yang wajib dilaporkan adalah pelaksanaan pekerjaan, perkembangan proyek yang telah tercapai, jumlah tenaga kerja, dan faktor-faktor lain seperti cuaca atau masalah tak terduga lainnya.
  3. Memastikan pengerjaan bangun rumah berlangsung sesuai rencana dan timeline.
  4. Menyediakan tenaga kerja, alat, dan material yang dibutuhkan untuk kelancaran proyek (pembelian material dapat didiskusikan kepada klien terlebih dahulu apabila klien berniat untuk membeli bahan bangunan sendiri)
  5. Menjaga keamanan lokasi dan alat yang berhubungan dengan pelaksanaan.

Jasa Kontraktor Bangun Rumah Solo Property

Tidak bisa dipungkiri, memilih jasa bangun rumah atau kontraktor bangunan bukanlah persoalan yang semudah mencari jasa – jasa untuk kebutuhan perbaikan kecil seperti service AC. Semua orang menginginkan kontraktor bangunan yang mampu bekerja dengan cekatan dan menghasilkan hasil yang sesuai dengan harapan. Selain itu, budget pun jangan sampai melampaui kemampuan finansial. Di satu sisi, mungkin
Anda juga menyadari bahwa pengetahuan dalam dunia bangun rumah yang kita miliki sangatlah terbatas sehingga Anda tidak yakin dengan pilihan Anda. Oleh karena itu, kini Solo Property akan membantu Anda dalam setiap langkah memilih kontraktor bangunan yang tepat untuk rumah Anda, termasuk memberikan konsultasi gratis untuk proyek rumah Anda. Berikut hal yang perlu dilakukan sebelum memilih jasa bangun rumah untuk Anda.

Dapatkan Beberapa Rekomendasi

Lewat Solo Property, Anda akan menemukan rekomendasi penyedia jasa profesional di daerah Anda. Baca review dari customer sebelumnya dan telusuri foto dalam bentuk portfolio untuk melihat bagaimana pekerjaan mereka sesuai dengan ruang lingkup proyek Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengirimkan pesan dan berdiskusi dengan penyedia jasa. Penyedia jasa bangun rumah di Solo Property telah terverifikasi karena hal itu juga akan melindungi Anda. Dengan begitu, Anda akan menggunakan penyedia jasa yang valid dan memiliki kredibilitas

Lihat Pekerjaan Sebelumnya

Setelah Anda melihat portfolio kontraktor, tanyakan pada penyedia jasa apakah mereka pernah mengerjakan proyek yang mirip dengan proyek Anda. Apabila Anda sudah menelusuri portfolio kontraktor tersebut, Anda dapat mempertimbangkan hal-hal seperti garansi, ketepatan waktu pengerjaan, dan juga hasil-hasil pekerjaan mereka. Bila memungkinkan, hubungi klien sebelumnya dan apakah kontraktor tersebut mampu membuat rumah klien mereka memuaskan dan apakah terjadi masalah berarti selama pengerjaan.

Pahami Kontrak Kerja

Dalam hubungan kerja antara kontraktor dengan klien pada proyek bangun rumah akan dimulai dengan penandatanganan kontrak kerja atau perjanjian yang menjadi dasar dalam proses pelaksanaan pekerjaan. Untuk mengantisipasi terjadinya kesalahpahaman, maka pasal-pasal dalam kontrak kerja harus dibuat dengan detail, sistematis, dan dengan bahasa yang lugas. Baik customer maupun kontraktor sebaiknya memperhatikan perjanjian yang dibuat. Adapun hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan kontrak adalah lingkup pekerjaan, jangka waktu pekerjaan, timeline, harga jasa kontraktor dan biaya lainnya, metode pembayaran, konsekuensi, serta hak dan kewajiban dari kontraktor dan klien.

3 Tips Memastikan Pilihan Jasa Kontraktor Profesional Anda Tepat

Menemukan kontraktor untuk bangunan Anda ibarat menemukan jodoh pasangan, susah dan harus tepat di hati. Sebelum menjatuhkan pilihan, pastikan terlebih dahulu kebutuhan Anda: apakah Anda hanya membutuhkan jasa kontraktor untuk renovasi rumah atau untuk membangun dari nol? Hal tersebut merupakan hal penting yang harus Anda jadikan dasar dalam mencari kontraktor yang tepat. Selain itu, Anda juga harus memerhatikan beberapa hal ketika Anda bekerja sama dengan kontraktor untuk membangun bangunan Anda, contohnya hal-hal di bawah ini.


Pastikan Lisensi Kerja dan Pengalamannya

Seorang kontraktor profesional sudah pasti memiliki lisensi kerja dan pengalamannya tak datang baru kemarin sore. Ketika Anda menggunakan jasa kontraktor, Anda sudah pasti menginginkan kemudahan dalam memberikan direksi penggambaran rumah atau bangunan Anda. Kontraktor bangunan handal akan lebih mudah menerima arahan Anda dan dapat mengimplementasikannya dengan baik. Jadi, carilah lebih jauh terlebih dahulu mengenai riwayat kontraktor bangunan Anda.

Bersikap Kooperatif

Seorang kontraktor profesional tentu akan mengerti di mana ia berdiri. Dengan kata lain, meski ia akan bekerja sesering mungkin di rumah Anda, ia mengerti bahwa apa yang Anda komandokan adalah hal utama. Dengan begitu, Anda tidak perlu takut untuk mengungkapkan dengan jelas dan tegas apa yang Anda inginkan dan akan mengikuti Anda. Jika apa yang Anda ungkapkan dirasa kurang tepat, kontraktor rumah atau bangunan Anda pun dengan sigap akan menemukan solusi dari masalah yang ada.

Obrolan Awal yang Lebih Dalam

Sebelum kontraktor mulai mengerjakan apa yang Anda inginkan, ia harus memahami dengan baik tentang apa yang akan ia hadapi. Ketika Anda mendapatkan seorang kontraktor bangunan profesional, ia akan menyelami semua tantangan dan masalah yang ada dan mengajak Anda untuk membuka diri Anda lebih jauh. Hal ini tentu akan memudahkan kedua belah pihak dan jasa kontraktor yang Anda gunakan tidaklah sia-sia untuk bangunan Anda.

Ketika tiga hal dasar tersebut dapat berjalan dengan baik, maka sudah dipastikan Anda akan menjalin kerja sama yang baik dan menyenangkan dalam penggarapan bangunan Anda. Dan jika Anda merasa kesulitan menemukan jasa kontraktor yang terpercaya, Anda sedang melirik tempat yang tepat! Di Arsitech, banyak kontraktor profesional yang berpengalaman dan berlisensi sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk memilih jasa kontraktor Arsitag. Ketahui lebih lanjut pengalaman dan inspirasi dari kontraktor kami di sini.

PERBEDAAN ANTARA DEVELOPER DAN KONTRAKTOR

Sebelum mengetahui perbedaan antara develover dan kontraktor kita harus mengetahui pengertian developer dan kontraktor itu sendiri :

Menurut Pasal 5 ayat 1 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 5 Tahun 1974, disebutkan pengertian Perusahaan Pembangunan Perumahan yang dapat pula masuk dalam pengertian developer, yaitu :

“Perusahaan Pembangunan Perumahan adalah suatu perusahaan yang berusaha dalam bidang pembangunan perumahan dari berbagai jenis dalam jumlah yang besar di atas suatu areal tanah yang akan merupakan suatu kesatuan lingkungan pemukiman yang dilengkapi dengan prasaranaprasarana lingkungan dan fasilitas-fasilitas sosial yang diperlukan oleh masyarakat penghuninya.”

Sedangkan kontraktor berasal dari kata “kontrak” artinya suatu perjanjian atau kesepakatan kontrak bisa juga berarti sewa, jadi kontraktor bisa disamakan dengan orang atau suatu badan hukum atau badan usaha yang di kontrak atau di sewa untuk menjalankan order/pekerjaan berdasarkan isi kontrak yang dimenangkannya dari pihak pemilik proyek yang merupakan instansi /lembaga pemerintahan, badan hukum, badan usaha, maupun perorangan, yang telah melakukan penunjukan secara resmi Berikut aturan-aturan penunjukan, dan target proyek ataupun order/pekerjaan yang di maksud tertuang dalam kontrak yang di sepakati antara pemilik proyek(owner) dengan kontraktor pelaksana.

Developer dan kontraktor sebenarnya dalam satu komunitas,tapi lain bidang sub pekerjaan, Developer lebih banyak bermain di bidang properti, bidang usahanya adalah dalam bentuk membuat suatu kawasan perumahan,sedangkan kontraktor lebih banyak bermain di bidang konstruksi, kontruksi bisa saja di bidang perumahan, jalan ataupun jembatan.

Berikut perbedaan masing-masing antara developer dan kontraktor

Developer

Developer khusus di bidang properti,contohnya,membuat ataupun merencanakan suatu kawasan, baik kawasan perumahan sederhana sampai pada kawasan perumahan mewah, yang banyak kita jumpai di kota-kota besar.
Developer juga lebih banyak bermain di bidang marketing, khususnya marketing properti.
Developer bisa dikatakan tingkat ketergantungan pada pihak ketiga hampir bisa dikatakan tidak ada. Contoh developer tidak tergantung kepada si owner, karena yang jadi owner adalah developer itu sendiri.
Modal awal developer lebih kepada lokasi atau tanah yang akan dijadikan prodak properti.
Sedangkan modal uang atau dalam bentuk financial tidak terlalu besar, karena biasanya developer di biayai oleh bank, bank yang sanggup menggelontorkan KPR, buat membeli rumah.

Kontraktor

Badan usaha ini,lebih banyak bermain di bidang konstruksi, contohnya,kontruksi perumahan, kontruksi jalan dan jembatan ,irigasi dan pengairan.
Kontraktor tingkat ketergantungannya pada pihak ketiga sangat besar sekali, karena biasanya kontarktor untuk mendapatkan suatu pekerjaan ataupun proyek di butuhkan loby-loby yang sangat tinggi sekali
Kontraktor membutuhkan dana awal yang besar untuk memulai suatu pekerjaan,karena biasanya owner akan bayar kontraktor sesuai dengan progres kerja.
Kontraktor lebih banyak bermain dilapangan, artinya pekerjaan kontraktor ituh berhubungan langsung dengan masyarakat setempat dimana lokasi proyek berada, biasanya masalah akan timbul dilapangan,karena banyaknya uang siluman yang tidak jelas.
Banyaknya pungutan-pungutan liar dari masyarakat setempat, ataupun LSM di sekitar lokasi.

Nah sekarang bagi teman-teman yang ingin buka usaha di bidang developer maupun kontraktor, silahkan dipelajari dahulu tingkat kerumitan masing-masingnya,karena masing-masing badan usaha ini mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Cari semua jasa kontraktor bangunan di Solo Property
Jasa arsitek di Solo Jasa interior desainer di Solo Jasa kontraktor di Solo Jasa design and build di Solo

Temukan jasa kontraktor Bangunandi Solo dan sekitarnya
Jasa kontraktor Solo, Jasa kontraktor Boyolali, Jasa kontraktor Karanganyar, Jasa kontraktor Sragen, Jasa kontraktor Klaten, Jasa kontraktor Sukoharjo, Jasa kontraktor Wonogiri, Jasa kontraktor Karanganyar, Jasa kontraktor Jogja, Jasa kontraktor di Sukoharjo,
Jasa kontraktor Semarang, Jasa kontraktor bangunan di Solo, Jasa kontraktor interior di Solo

Leave a reply