Kontraktor Bangunan

Kontraktor bangunan adalah salah satu jasa bangun rumah yang dapat membantu proyek renovasi atau bangun rumah dan membuat rumah Anda semakin menawan. Rumah adalah tempat yang spesial bagi setiap orang. Itulah mengapa, merencanakan konsep rumah adalah sebuah keharusan. Bagi Anda yang tidak punya cukup waktu dan keterbatasan ilmu, memilih kontraktor bangunan sebagai jasa bangun rumah Anda adalah salah satu solusi yang tepat. Kontraktor bangunan biasanya sudah berpengalaman dan sudah terbiasa menyelesaikan berbagai masalah yang ada selama proyek berlangsung.

Kontraktor bangunan adalah sebuah badan hukum yang sumber penghasilannya berasal dari pekerjaan bangun rumah atau bangunan yang diberikan oleh klien. Seperti namanya, kontraktor terikat kontrak yang dibuat antara perusahaannya dengan klien setelah penawaran dan rencana pembangunan disepakati. Dengan kontrak yang sah, kontraktor resmi menjadi pelaksana proyek bangunan untuk membantu membuat rumah Anda menjadi sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Tugas dan Tanggung Jawab Kontraktor

Sebelum mempekerjakan kontraktor sebagai jasa bangun rumah Anda, Anda harus mengetahui cakupan tugas dan tanggung jawab mereka dalam membuat rumah. Namun, tugas dan tanggung jawab dapat juga bergantung pada kesepakatan antara kontraktor dan klien. Biasanya, penyelesaian tugas dan tanggung jawab akan diawasi oleh klien ataupun tim pengawas yang dipekerjakan oleh klien. Berbeda dengan tukang bangunan, berikut tugas dan tanggung jawab kontraktor bangunan secara umum.

  1. Pelaksanaan konstruksi atau bangun rumah harus sesuai dengan kontrak perjanjian yang telah disepakati antara perusahaan konstruksi dan klien.
  2. Melaporkan pengembangan proyek secara berkala (harian, mingguan, dan bulanan) kepada klien dan/atau tim pengawas. Hal-hal yang wajib dilaporkan adalah pelaksanaan pekerjaan, perkembangan proyek yang telah tercapai, jumlah tenaga kerja, dan faktor-faktor lain seperti cuaca atau masalah tak terduga lainnya.
  3. Memastikan pengerjaan bangun rumah berlangsung sesuai rencana dan timeline.
  4. Menyediakan tenaga kerja, alat, dan material yang dibutuhkan untuk kelancaran proyek (pembelian material dapat didiskusikan kepada klien terlebih dahulu apabila klien berniat untuk membeli bahan bangunan sendiri)
  5. Menjaga keamanan lokasi dan alat yang berhubungan dengan pelaksanaan.

 

Memilih Jasa Bangun Rumah Lewat Soloproperty.co.id

Tidak bisa dipungkiri, memilih jasa bangun rumah atau kontraktor bangunan bukanlah persoalan yang semudah mencari jasa – jasa untuk kebutuhan perbaikan kecil seperti service AC. Semua orang menginginkan kontraktor bangunan yang mampu bekerja dengan cekatan dan menghasilkan hasil yang sesuai dengan harapan. Selain itu, budget pun jangan sampai melampaui kemampuan finansial. Di satu sisi, mungkin
Anda juga menyadari bahwa pengetahuan dalam dunia bangun rumah yang kita miliki sangatlah terbatas sehingga Anda tidak yakin dengan pilihan Anda. Oleh karena itu, kini Soloproperty.co.id akan membantu Anda dalam setiap langkah memilih kontraktor bangunan yang tepat untuk rumah Anda, termasuk memberikan konsultasi gratis untuk proyek rumah Anda. Berikut hal yang perlu dilakukan sebelum memilih jasa bangun rumah untuk Anda.

1. Dapatkan Beberapa Rekomendasi

Lewat Soloproperty.co.id, Anda akan menemukan rekomendasi penyedia jasa profesional di daerah Anda. Baca review dari customer sebelumnya dan telusuri foto dalam bentuk portfolio untuk melihat bagaimana pekerjaan mereka sesuai dengan ruang lingkup proyek Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengirimkan pesan dan berdiskusi dengan penyedia jasa. Penyedia jasa bangun rumah di Soloproperty.co.id telah terverifikasi karena hal itu juga akan melindungi Anda. Dengan begitu, Anda akan menggunakan penyedia jasa yang valid dan memiliki kredibilitas.

2. Lihat Pekerjaan Sebelumnya

Setelah Anda melihat portfolio kontraktor, tanyakan pada penyedia jasa apakah mereka pernah mengerjakan proyek yang mirip dengan proyek Anda. Apabila Anda sudah menelusuri portfolio kontraktor tersebut, Anda dapat mempertimbangkan hal-hal seperti garansi, ketepatan waktu pengerjaan, dan juga hasil-hasil pekerjaan mereka. Bila memungkinkan, hubungi klien sebelumnya dan apakah kontraktor tersebut mampu membuat rumah klien mereka memuaskan dan apakah terjadi masalah berarti selama pengerjaan.

3. Pahami Kontrak Kerja

Dalam hubungan kerja antara kontraktor dengan klien pada proyek bangun rumah akan dimulai dengan penandatanganan kontrak kerja atau perjanjian yang menjadi dasar dalam proses pelaksanaan pekerjaan. Untuk mengantisipasi terjadinya kesalahpahaman, maka pasal-pasal dalam kontrak kerja harus dibuat dengan detail, sistematis, dan dengan bahasa yang lugas. Baik customer maupun kontraktor sebaiknya memperhatikan perjanjian yang dibuat. Adapun hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan kontrak adalah lingkup pekerjaan, jangka waktu pekerjaan, timeline, harga jasa kontraktor dan biaya lainnya, metode pembayaran, konsekuensi, serta hak dan kewajiban dari kontraktor dan klien.

Pemborong rumah dan jasa kontraktor adalah dua hal yang berbeda secara istilah yang berkembang di masyarakat. Mungkin sebagian besar dari kalian masih bingung dan belum mengetahui kalau ternyata pemborong atau kontraktor itu berbeda. Ya, mereka berbeda dari beberapa segi dan fungsi. Kalian bisa memilih salah satu diantara pemborong bangunan atau jasa kontraktor untuk membantu Anda mewujudkan bangunan impian dengan memepertimbangkan keunggulan dan kelemahan dari masing-masing penyedia jasa bangun rumah.

Mungkin dari kalian akan lebih memilih untuk membangun rumah sendiri dibandingkan dengan langsung membeli rumah yang langsung jadi. Mungkin juga kalian saat ini sedang merencanakan utuk membangun rumah? Tentunya kalian sangat mengharapkan hasil dari pembangunan rumah kalian bagus sesuai dengan rumah yang kalian impikan. Saat ini begitu banyak perusahaan perusahaan yang menyediakan jasa bangun rumah. Penyedia jasa bangun rumah ini ada beberapa opsi piihan. Kalian bisa memilih untuk menggunakan penyedia jasa bangun rumah dengan pemborong bangunan atau jasa kontraktor.

Apa bedanya pemborong rumah dengan jasa kontraktor?

Sebenarnya secara arti istilah dan harfiah pemborong dengan kontaktor itu hampir saja. Mungkin beberapa waktu terakhir ini orang-orang sedikit membedakan dalam penyebutan antara kontraktor dengan pemborong. Perbedaan antara kedua profesi ini terletak pada jika kontraktor lebih banyak mengarah ke perusahaaan atau lembaga resmi penyedia jasa pembangunan sedangkan pemborong diartikan ke arah perorangan saja. Biasanya pemborong di dalam masyarakat sana identik dengan kumpulan tukang yang memiliki leader.

Dari pengertian di atas sepertinya kalian sudah bisa membayangkan bagaimana jika kalian mempercayakan pembangunan atau renovasi rumah kalian dengan jasa kontraktor atau kalian mempercayakannya kepada pemborong bangunan. Hal yang terlintas pertama kali pasti adalah masalah budgeting atau anggaran. Atau kalian pasti berpikir dengan pengertian seperti di atas, kalian dapat menghemat anggaran dengan memilih pemborong? Mari kita lihat ulasan dibawah ini.

Jika kalian sempat berfikiran bahwa jasa kontraktor lebih mahal dibanding pemborong mari kita coba telaah bersama-sama. Mungkin memang benar secara di muka, biaya yang harus dibayarkan jika kita memilih pemborong, lebih murah dibandingkan dengan jasa kontraktor. Namun, dari segi apapun jasa kontraktor tentunya lebih bonafit dan profesional jika dibandingkan pemborong. Kita bisa dengan yakin mempercayai jasa kontraktor karena pastinya lebih signifikan. Kita hanya perlu menyediakan dana sesuai kesepakatan di awal untuk membiayai pelaksanaan pembangunan rumah kalian. Selebihnya, kalian bisa mempercayakan segala urusan ke penyedia jasa kontraktor yang kalian pilih. Selain itu, para kontraktor juga umumnya lebih ter arah seperti memiliki beberapa hal di bawah ini.

Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Dengan RAB ini, kita bisa mengetahui perkiraan total biaya yang akan kita keluarkan untuk membangun atau merenovasi rumah. Dengan demikian, jika ada yang tidak sesuai dengan budget kita, kita bisa mengkoordinasikan agar didapatkan harga kesepakatan yang pas sesuai keinginan kita.

Memiliki Rancangan/desain yang Jelas

Desain arsitektur yang dibuat oleh jasa kontraktor pastinya akan lebih detail dan kita juga bisa melihat gambaran bagaimana hasil pembangunan atau renovasi rumah yang dilakukan. Desain itu akan menjadi acuan para pekerja dari kontraktor untuk menjalankan tugasnya sehingga mengurangi risiko terjadinya perselisihan ekspektasi hasil dari pihak klien maupun dari pihak kontraktor.

Kita sudah Tidak Perlu Direpotkan Lagi

Selain kita tidak harus sering-sering melakukan pengawasan, karena sudah ada mandor yang tentunya lebih berkompeten dari pihak kontraktor. Kita sudah tidak perlu memikirkan teknis pelaksanaan karena itu sudah tugasnya kontraktor. Kita tidak perlu lagi susah-susah mencari dan membeli material yang dibutuhkan. Selain itu, risiko terhadap barang-barang material seperti kerusakan dan kehilangan sudah tidak menjadi tanggung jawab kita lagi karena semua itu sudah menjadi tanggung jawab kontraktor yang kita pilih.

Masa Pemeliharaan dari Kontraktor

Biasanya setelah pekerjaan kontraktor selesai, penyedia jasa bangun rumah ini menyediakan fasilitas pemeliharaan dalam jangka waktu 3 bulan. Selama 3 bulan itu, kita bisa meminta pihak kontraktor untuk membenarkan bagian-bagian yang masih dirasa kurang tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Dengan demikian, hasil dari pekerjaan bisa benar-benar sesuai dengan apa yang telah disepakati sebelumnya dengan penyedia jasa kontraktor.

Leave a reply