Pada tanggal 12 Juli 2019 kemarin, townhall meeting kembali diadakan di Niagahoster. Townhall meeting menjadi aktivitas rutin yang dilakukan di Niagahoster setiap bulannya. Apa sebenarnya townhall meeting itu?
Budaya Townhall Meeting
Townhall meeting adalah tipe rapat yang diadakan oleh sebuah perusahaan dengan tujuan menyampaikan laporan kepada semua karyawan. Rapat ini diikuti oleh semua karyawan dan semua peserta rapat bebas mengutarakan masukan serta kritik terhadap laporan yang disampaikan. Laporan biasanya disiapkan oleh para manajer di perusahaan dan dipresentasikan secara langsung ke hadapan semua karyawan dari semua tim.
Niagahoster mengadopsi metode meeting ini sejak bulan Maret 2019. Metode rapat ini dianggap lebih efektif dibandingkan metode sebelumnya berupa email yang rutin dikirimkan ke para Hoster Rangers. Rapat ini bersifat wajib untuk diikuti oleh setiap Hoster Rangers. Bahkan disediakan fitur khusus yang memudahkan Hoster Rangers yang sedang melakukan kerja remote untuk dapat mengikuti rapat ini.
Townhall meeting ini diisi oleh para manajer yang menyiapkan laporan perkembangan pencapaian OKR. OKR atau objective and key results adalah metode pengukuran manajemen kerja yang sudah diterapkan oleh Niagahoster sejak tahun 2015. Metode OKR juga diterapkan oleh perusahaan besar lainnya di dunia seperti Google, Intel (pencetus pertama), Spotify, Twitter dll. Selengkapnya mengenai penerapan OKR di Niagahoster bisa dibaca di sini.
Bukan Sekadar Meeting
Penyampaian laporan progress perusahaan dengan townhall meeting diharapkan bisa meningkatkan engagement karyawan terhadap pencapaian yang sudah menjadi target. Dari townhall meeting ini pula, kami saling berbagi insight baru yang bisa mendukung kami memberikan pelayanan yang lebih baik untuk pelanggan.
Presentasi laporan disiapkan oleh masing-masing manajer tim mengenai perkembangan target tim. Di townhall meeting inilah tim produk memberikan insight mengenai pengembangan produk yang sedang dilakukan. Tidak hanya itu, tim customer support juga berbagi tentang insight yang didapatkan lewat percakapan sehari-hari dengan pelanggan melalui semua fitur komunikasi customer support. Tim manajemen reputasi akan membagikan perkembangan publikasi Niagahoster melalui semua channel online maupun offline.
Townhall meeting Niagahoster tidak hanya diisi dengan penyampaian laporan. Akan tetapi, juga disertai dengan berbagi tips productivity hacks, pemutaran lucky wheel bagi yang berulang tahun selama sebulan terakhir, dan penampilan dari para Hoster Rangers bertalenta.
Dampak Positif untuk Hoster Rangers
Rapat ini dikemas menyenangkan sehingga semua Hoster Rangers bisa tetap antusias mengikuti jalannya rapat. Rapat yang biasanya berlangsung selama kurang lebih 4 jam ini, terbukti ditanggapi positif oleh para Hoster Rangers.
“Townhall meeting cukup kondusif, kemudian materi yang disampaikan oleh masing-masing leader dari semua divisi cukup mengena untuk dapat mengetahui fokus target dan strategi. Semuanya selaras dengan tujuan dan target perusahaan. Townhall meeting juga menjadi wadah untuk lebih mengakrabkan satu dengan yang lain dan saling mengenal antara yang lama dan yang baru.”
-Lilla, Event Specialist Niagahoster
“Setelah mengenal townhall meeting di Niagahoster, saya menganggap townhall meeting seharusnya menjadi budaya yang wajib ada di sebuah perusahaan. Townhall meeting bisa menambah engagement karyawan terhadap perusahaan, karyawan tahu tumbuh kembang perusahaannya sehingga dapat turut serta berdiskusi tentang perusahaan. Hal ini mengindikasikan transparansi dan kolaborasi antar divisi bisa semakin digiatkan.”
-Sasi, Video Creator Niagahoster
Budaya townhall meeting ini akan terus dilanjutkan tentunya dengan penyampaian yang lebih baik. Kami menyadari, Hoster Rangers adalah aset terbaik kami untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Melalui townhall meeting ini, diharapkan setiap Hoster Rangers bisa lebih engaged terhadap misi perusahaan untuk membantu semakin banyak orang memaksimalkan potensi internet dan meraih kesuksesan online.
The post Townhall Meeting: Budaya Menyelaraskan Visi untuk Layanan Pelanggan Lebih Baik appeared first on Niagahoster Blog.