Yuk, Simak Perjalanan 5 Pengusaha Muda Indonesia yang Mendunia!

KoinWorks Blog | 4 Evaluasi Bisnis yang Wajib Dilakukan Agar Bisnis Berkembang oleh Kimberly Stephanie

Yuk, Simak Perjalanan 5 Pengusaha Muda Indonesia yang Mendunia! – Semua orang tentu ingin memiliki kesuksesan di usia yang masih muda, meski tidak mungkin semua orang merasakannya. Untuk meraih kesuksesan, akan dibutuhkan kerja keras dan tekad yang kuat.

Hal ini tentu saja tidak bisa dilakukan dalam waktu sekejap. Mencoba dan berusaha melakukan yang terbaik adalah salah satu jalan menuju kesuksesan di usia muda.

Baca juga: 3 Cara Mencari Ide Bisnis Untuk Pengusaha Muda

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin memulai kariernya sebagai pebisnis yuk coba simak 5 kisah sukses para pengusaha muda Indonesia yang mendunia.

Yuk, Simak Perjalanan 5 Pengusaha Muda Indonesia yang Mendunia!

Nadiem Makarim

 

Nadiem Makarin, salah satu pengusaha muda Indonesia yang mendunia. Ya, siapa yang saat ini tidak tahu aplikasi GO-JEK?

Berawal dari hanya menyediakan platform ojek online, GO-JEK saat ini telah mengembangkan bisnisnya menjadi aplikasi guna membantu masyarakat di kehidupannya sehari hari seperti mengirim barang dan pesan makanan.

Saat ini pun GO-JEK telah berekspansi di berbagai negara, yaitu Thailand, Vietnam, Filipina dan Singapura.

Baca juga: Ini Dia! 3 Skill Wajib yang Harus Dimiliki Pengusaha

Berawal dari permasalahan utama pengendara ojek di Indonesia, yaitu tidak produktifnya tukang ojek karena kerap mangkal menunggu penumpang dan kemacetan di Jakarta membuat Nadiem menghasilkan inovasi yang menjadi terobosan baru di Indonesia.

Belajar dari Nadiem Makarim yang pintar melihat peluang untuk berbinis, yuk coba perhatikan lingkungan sekitar Anda. Siapa tahu ada peluang bisnis yang bisa Anda jalankan!

Ferry Unardi

 

Siapa sih yang tidak tahu Traveloka, salah satu perusahaan startup di Indonesia yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat, hotel, dan berbagai fasilitas menarik lainnya.

Salah satu startup unicorn ini tidak hanya bisa dinikmati di Indonesia aja, tapi juga negara lainnya, seperti Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Singapura.

Di balik kesuksesan Traveloka saat ini, tentu ada orang hebat di belakangnya yang tak lain adalah CEO Traveloka, Ferry Unardi, pengusaha muda Indonesia yang mendunia.

Namun, sebelum mencapai kesuksesannya, Ferry harus merasakan jatuh bangun memulai bisnis dan mengambil keputusan yang cukup sulit.

Baca Juga:
  • 6 Alasan Mengapa Sebaiknya Anda Tidak Memberikan Diskon Terlalu Berlebihan
  • Tips Berjualan di E-Commerce Supaya Untung Besar
  • Menciptakan Konsep Bisnis Yang Unik Sebelum Menjual Ke Investor
  • 4 Evaluasi Bisnis yang Wajib Dilakukan Agar Bisnis Berkembang

Bekerja di salah satu perusahaan teknologi besar di dunia yaitu Microsoft , tidak membuat Ferry cukup puas untuk tetap melanjutkan karirnya disana. Ia pun akhirnya memutuskan keluar dan melanjutkan S2 Bisnis di Harvard University.

Setelah kuliah jalan 1 semester, Ferry justru baru tertarik untuk mengembangkan perusahaan start up di bidang mesin pencarian tiket pesawat.

Bisnis tersebut dipilih karena ia merasa kesulitan saat memesan tiket pulang ke Indonesia.

Dari sanalah tercetus ide untuk mengembangkan sebuah mesin pencari tiket pesawat dengan teknologi yang gampang, fleksibel dan juga modern tentunya.

Namun banyak perjuangan yang harus dihadapi Ferry ketika mengembangkan bisnisnya.

Seperti, jumlah karyawan yang hanya delapan orang dan juga banyak maskapai penerbangan yang tidak bersedia untuk bekerja sama dengan Traveloka.

Namun, hal tersebut tidak membuat Ferry menyerah begitu saja. Alhsasil Ferry pun saat ini menjabat sebagai CEO Traveloka yang melejit dan dikenal banyak orang. Keren, ya?

William Tanuwijaya

 

Untuk Anda yang gemar berbelanja melalui situs online, pasti tidak asing dengan Tokopedia. Namun, apakah Anda sudah mengenal pendirinya, yaitu William Tanuwijaya.

William Tanuwijaya adalah salah seorang pengusaha muda Indonesia yang mendunia. Pria kelahiran 11 November 1981 ini adalah seorang anak daerah yang merantau ke ibukota setelah lulus SMA dan meneruskan pendidikan sarjananya di Jakarta.

Untuk menjadi seperti sekarang, William pernah menjadi penjaga warnet untuk bisa mendapatkan uang tambahan. Dari menjaga warnet inilah, dia mengenal dunia internet secara lebih dalam.

Setelah menjadi penjaga warnet, William pun mencoba peruntungannya dengan bekerja di beberapa perusahaan software dan game developer.

Dari berbagai macam pengalamannya inilah, ia kemudian merintis Tokopedia.com pada tahun 2009 dan menjadikan Tokopedia sebagai salah satu e-commerce yang besar di Indonesia.

Nicholas Kurniawan

 

Siapa pengusaha muda Indonesia yang mendunia selanjutnya? Namanya Nicholas Kurniawan.

Memiliki kesulitan ekonomi tidak menjadi halangan untuk menjadi seorang pengusaha bagi dirinya. Sejak sekolah dasar pun Nicholas sudah mencoba peluang menjadi seorang pengusaha.

Menjual makanan, minuman, pakaian, hingga asuransi semua sudah ia jalani sejak kelas 2 Sekolah dasar untuk membantu orang tuanya.

Saat Nicholas duduk di bangku SMA kelas 2, salah seorang teman baiknya memberikan sepaket ikan Garra Rufa, ikan yang biasanya banyak dijumpai di mall untuk terapi. Dan ternyata kesuksesan Nicholas berawal dari sini.

Baca juga: 5 Buku Bisnis Terbaik Untuk Pengusaha

Insting bisnis Nicholas langsung merespon. Ia mencoba menawarkan ikan tersebut dalam suatu forum jual-beli.

Walaupun pada awalnya hanya iseng, namun tidak diduga bahwa tawarannya berujung laris. ikan yang ia jual tersebut banyak yang berminat.

Nicholas akhirnya mencoba untuk “naik level” dengan memasarkan ikan hiasnya ke seluruh dunia melalui website yang ia bangun dengan nama Tropical Fish Indonesia.

Berkat Tropical Fish Indonesia, Nicholas akhirnya menembus ketatnya pasar ekspor dunia yang membuat dia sukses meraup omzet ratusan juta rupiah setiap bulannya dari bisnis ikan hias.

Theresia Deka Putri

 

Sejak SMP, Putri, begitu ia biasa dipanggil, memang sudah mulai berbisnis untuk tambahan jajan.

Kemudian, pada 2002 Putri yang baru berusia sekitar 16 tahun telah bergabung dalam sebuah tim pemasaran di suatu perusahaan kuliner.

Ia berkeliling dari satu warung kopi, pasar dan berbagai tempat lain untuk memasarkan beragam produk kopi dan teh produksi perusahaan tersebut.

Berkat pengalaman keluar masuk pasar dan warung yang rutin ia jalani ditambah dengan kejelian melihat kondisi pasar, Putri berhasil melihat satu peluang usaha yang prospektif, yaitu bisnis kopi.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dipelajari Pengusaha Online Supaya Bisnis Berkembang

Dari masa muda yang penuh denga kerja keras, Kini Putri memiliki omzet miliaran rupiah dari perusahaan kopi luwaknya, yaitu CV Karya Semesta.

Bahkan ketiga komoditasnya, yakni Kopi Luwak Lanang, Lanang Landep dan Gajah Hitam, berhasil menembus pasar Taiwan, Cina, Korea, Malaysia, Jepang, hingga Polandia. Tak heran, ia menjadi salah satu pengusaha muda Indonesia yang mendunia!

Tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis di usia muda, namun jangan sampai kesuitan yang Anda hadapi nantinya membuat Anda menyerah di tengah jalan.

Jika Anda memiliki kendala ketika ingin memulai bisnis impian, KoinBisnis dari KoinWorks bisa membantu mewujudkannya.

Di KoinBisnis, Anda bisa mendapatkan pinjaman modal mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar dengan bunga flat yang terjangkau, yaitu 0,75% hingga 1,67% per bulan.

Pengajuan pinjaman ini pun tidak perlu menyertakan modal sehingga siapa pun bisa meminjam dan mengembangkan bisnisnya.

Semoga penjelasan berikut tadi bisa memberikan motivasi bagi Anda yang ingin menjadi pengusaha muda. Ingat! jangan pernah mudah untuk menyerah.

Selamat mencoba!

Artikel ini 4 Evaluasi Bisnis yang Wajib Dilakukan Agar Bisnis Berkembang pertama kali diterbitkan di KoinWorks Blog, ditulis oleh Kimberly Stephanie.

Leave a comment